Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full

Aflahsentosa.com - Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full. Apa kabar sobat….? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Jumpa lagi dengan blog aflahsentosa.com. Pada kesempatan kali ini, aflahsentosa.com akan berbagi cara membuat charger otomatis dengan lampu indikator full. Apabila sobat ingin membuatnya, komponen pada rangkaian charger ini sangat mudah di dapat/beli dan harganyapun bisa terjangkau, paling yang sedikit mahal trafonya, itupun tergantung sobat mau beli trafo yang bagus atau trafo yang biasa/standar dan ekonomis.

Apabila sebelumnya sobat sudah mempunyai power supply adaptor yang menggunakan trafo 5 Amper dengan tegangan out ada 18 Volt, sobat tinggal membuat rangkaian chargernya saja, dan pada input charger 18 volt tinggal disambung dengan tegangan output 18 volt dari adaptor yang sudah jadi. Kalau sobat belum punya adaptor dan mau sekalian membuat untuk charger, pakai trafo 3 Amper pun bisa saja hanya saja pengisian bisa lebih lama dibanding apabila menggunakan trafo yang 5 Amper atau lebih. Apabila sobat mau menggunakan trafo lebih dari 5 Ampere misalnya 10 Amper itu malah lebih bagus, karena pengisian/charger akan cepat full. Dibawah ini gambar rangkaian charger otomatis dengan indikator lampu pengisian full apabila pengisian/charger battery / accu pengisian sudah full, maka lampu indikator full warna hijau akan menyala.

Berikut Ini Daftar Komponen Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full :
1. Trafo 5 Ampere dengan tegangan 18 Volt
2. D1 : Dioda penyearah 1 Ampere
3. D2 – D5 : Dioda penyearah 5 Ampere
4. DZ : Dioda Zener 13,8 Volt
5. TR 1 : Transistor TIP 41
6. TR 2 : Transistor C9013
7. R1 : Resistor 1K5 Ohm
8. R2 : Resistor 3R9 (1 Watt)
9. R3 : Resistor 10K
10. LED : Hijau dan Merah

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan mengenai cara membuat charger dengan lampu indikator full warna hijau menyala sebagai pertanda pengisian accu/battery sudah full dan apabila sobat ingin membuat charger yang lebih sederhana lagi sudah saya bagikan di blog ini. Selamat mencoba dan eksperimen, semoga bermanfaat. Aamiin

Tanda Kulkas Buntu dan Perlu Segera di Servis

Kulkas buntu sudah menjadi masalah umum dan sering terjadi. Bahkan ini bisa terjadi untuk semua unit pendingin, baik itu kulkas 1 atau 2 pintu, freezer, showcase, chiller, dan yang lainnya. Untuk diketahui, sebuah unit lemari es menggunakan bahan pendingin yang disebut gas refrigerant. Di mana refrigerant ini akan terus bersikulasi melalui pemipaan sistem pendingin.

Sederhananya, kompresor merubah refrigerant dari tekanan rendah ke tekanan tinggi. Setelah melalui kompresor, refrigerant masuk ke kondensor untuk didinginkan. Selanjutkan, refrigerant masuk ke filter dan mengalir melalui pipa kapiler untuk menuju ke evaporator, dan kemudian kembali lagi ke kompresor. Siklus ini akan terus berulang selama kulkas tersebut dihidupkan atau digunakan.

Namun, diameter pipa kapiler ini cukup kecil sehingga kadang membuat sirkulasi refrigerant tidak lancar dan bahkan mampet. Maka dari itu, sebagian banyak kebuntuan refrigerant terjadi dibagian pipa kapiler.

Akan tetapi, juga sering ditemukan kulkas mampet terjadi pada bagian filter. Di mana seiring pemakaian di dalam filter tersebut terlalu banyak kotoran, sehingga menyebabkan kebuntuan.

Penyebab kulkas buntu
Penyebabnya tidak lain karena kotoran dan partikel kecil lainnya yang ada di dalam sistem pendingin. Faktor lainnya bisa karena pelumas yang sudah mulai mengental.

Selain itu, apabila sudah diperbaiki namun kembali buntu, hal ini bisa disebabkan oleh kerak ketika pengelesan proses penyambungan pipa.

Di mana sebelumnya pipa tersebut terdapat bekas pelumas kemudian tidak dibersihkan terlebih dulu.

Alhasil, bekas pelumas tersebut menjadi kerak akibat pemanasan ketika melakukan pengelasan atau penyambungan pipa.

Lebih dari itu, proses perbaikan juga tidak dilakukan flushing menggunakan mesin vakum juga bisa menyebabkan kebuntuan refrigerant (freon).

Karena hal tersebut mengakibatkan refrigerant tercampur dengan udara dan uap air. Sehingga, sangat penting mem-vakum sistem pendingin sebelum mengisi refrigerant.

Macam-macam kebuntuan refrigerant
Kulkas mampet setidaknya ada dua macam, yaitu kulkas buntu total dan buntu sebagian. Hal ini bisa saja terjadi baik dibagian pipa kapiler maupun filter.

Buntu total
Artinya siklus refrigerant benar-benar buntu dan terhenti pada sisi tekanan tinggi (kondensor). Alhasil, mesin kompresor bekerja lebih berat dan panas.

Karena kompresor terlalu panas, maka overload terbuka (memutus arus) dan kompresor mati. Kemudian apabila suhu pada kompresor sudah mulai dingin, kontak overload akan tertutup dan kompresor kembali hidup. ..dan ini akan terus terjadi secara berulang dan menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin.

Buntu sebagian
Apabila pipa kapiler atau filter buntu sebagian, maka yang terjadi tidak jauh beda dengan yang buntu total. Hanya saja jeda antara kompresor mati dan hidup lebih agak lama, karena sebagian refrigerant masih bisa bersirkulasi.

Bagian dalam kulkas pun masih terasa dingin, namun tidak sampai bisa untuk membuat es batu. Melain hanya dingin seperti lemari pendingin yang khusus untuk minuman.

Akibat sirkulasi refrigerant mampet
Akibat dari masalah ini tentu kulkas menjadi tidak dingin, atau kalau pun dingin tidak akan maksimal. Artinya dibagian freezer tidak sampai beku seperti kulkas normal.

Bahkan, apabila tidak segera diperbaiki tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan yang lebih serius. Misalnya kinerja kompresor lemah alias tidak maksimal seperti sebelumnya.

Tanda-tanda sirkulasi refrigerant pada kulkas buntu
Apabila kulkas mendadak tidak dingin, dan untuk memastikan apakah terjadi kebuntuan atau tidak, setidaknya bisa kita kenali dengan ciri-ciri seperti berikut ini.

1. Body samping kanan kiri (kondensor) tidak panas
Apabila bagian body samping kanan dan kiri (kondensor) terasa panas ketika dipegang, hal ini menunjukan kulkas tersebut normal.

Namun, apabila sebaliknya, hal ini pertanda kulkas tersebut ada yang mampet pada bagian jalur sirkulasi refrigerant.

2. Filter dingin saat dipegang
Kondisi filter kulkas yang normal juga sama seperti kondensor, di mana akan terasa panas jika dipegang. Namun, jika filter tersebut malah terasa dingin, bisa jadi kulkas mengalami kebuntuan freon.

3. Tidak ada suara “kemricik” di bagian dalam kulkas
Untuk kulkas normal umumnya apabila kita perhatikan dibagian dalam akan terdengar seperti suara “kemricik”. Suara tersebut berasal dari gas refrigerant yang sedang bersikulasi.

Namun, apabila coba kita perhatikan tidak ada suara “kemricik”, padahal mesin kompresor hidup, hal ini juga menjadi tanda sirkulasi refrigerant mampet.

Karena tidak ada refrigerant yang bersirkulasi, maka juga tidak terdengar suara “kemricik” dibagian dalam kulkas.

4. Tidak adanya bunga es
Kulkas normal akan mengeluarkan bunga es dibagian evaporator. Apabila tidak ada, bisa jadi proses pendinginan tidak terjadi dan ini bisa pertanda sirkulasi freon kulkas buntu.

5. Evaporator tidak dingin secara merata
Apabila dingin pada evaporator tidak merata, dan untuk membuat es batu pun tidak bisa sampai beku, bisa jadi sirkulasi freon mengalami buntu sebagian.

Alhasil, bagian freezer tidak sampai beku melainkan hanya dingin seperti kompartemen kulkas yang bagian bawah.

6. Kompresor sering mati hidup
Apabila kompresor sering mati hidup tidak seperti biasanya, dan diikuti kondisi interior kulkas kurang dingin, ini juga bisa menjadi tanda kulkas mampet.

7. Ketika di check memakai manifold, tekanan freon menunjukan NOL
Apabila kita coba periksa tekanan refrigerant menggunakan manifold, dan jarum pada manifold menunjukan angka NOL, bisa jadi sirkulasi freon tidak berjalan.

Angka NOL pada menifold bukan menandakan freon habis (kecuali ada kebocoran), melainkan karena sirkulasi refrigerant terhenti pada sisi tertentu. Bisa terhenti di sisi kondensor, filter, dan pipa kapiler.

Setelah tahu kulkas mampet, lalu apa yang meski dilakukan?
Hal yang perlu dilakukan, apabila Anda punya keahlian dibidang mesin pendingin, bisa memeriksanya terlebih dulu. Namun, apabila Anda tidak memiliki basic dibidang pendingin, tidak disarankan untuk melakukan tindakan perbaikan sendiri, karena dikwatirkan kerusakan bisa semakin parah.

Langkah yang tepat yaitu bisa dengan meminta bantuan vendor jasa servis kulkas yang sudah berkompeten dibidangnya, dan tentunya yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Dan untuk Anda yang tinggal di Jakarta Selatan, bisa juga meminta bantuan dengan teknisi kami. Di mana tim kami sudah berpengalaman lebih dari ± 10 tahun dibidang mesin pendingin dan tata udara.

Kami pastikan tim kami berkompeten, dan juga kami memberi jaminan garansi minimal 30 hari. Jika berminat dengan jasa servis kulkas dari kami, silahkan hubungi Tim CS kami melalui halaman kontak.

Atau, juga bisa memesannya melalui chat WhatApps di bawah ini. Segara hubungi tim kami, dan Anda juga bisa berkonsultasi tentang masalah kulkas secara gratis.


Di atas sudah kami jelaskan tentang apa penyebab dan tanda-tanda kulkas buntu, berikut dengan tindakan apa yang harus dilakukan. Biar bermanfaatnya tidak hanya untuk Anda saja, silahkan share tulisan ini ke rekan-rekan di sosial media Anda.

Setiap teknisi tentu punya pengalaman sendiri, mungkin apa yang kami tulis ini juga berbeda dengan pengalaman rekan-rekan teknisi yang lain.

Jika punya pengalaman yang lain, silahkan tulis pada kolom komentar dan mari diskusi untuk menambah wawasan kita agar lebih banyak.
\