Lampu Timer AC berkedip


LAMPU TIMER AC KEDIP-KEDIP
Pada saat di remote, AC tidak mau nyala, Lampu timernya hanya kedip kedip. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya….?

Lampu indikator atau lampu timer pada unit indoorAC akan berkedip kedip artinya terjadi masalah pada beberapa komponen elektronik, tekanan freon ata kompresor ac.

Lampu timer kedip kedip biasanya disebabkan oleh adanya sinyal error yang diterima oleh IC mikroprosesor dari sensor suhu, sensor pipa maupun motor fan.

Berikut ini akan kami jelaskan tanda tanda kerusakan ac yang disebabkan oleh lampu timer yang berkedip kedip.

PENYEBAB LAMPU TIMER BERKEDIPLampu timer pada unit indoor berkedip kedip diakibatkan oleh hal bela berikut :

Kerusakan termis (sensor suhu)
Termistor berfungsi mengatur kerja kompresor berdasarkan suhu ruangan. Jika suhu ringan sudah mencapai dingin maksimal maka termis akan mematikan kerja kompresor. Jika termis rusak maka lampu timer akan berkedip kedip. Solusi nya ganti termis.

Tekanan freon berkurangPada beberapa merk ac, Jika tekanan dalam sistem berkurang maka secara otomatis ac tidak akan bekerja. Hal ini ditunjukkan dengan indikator kedip kedipnya lampu timer. Maka pastikan termis tidak bermasalah maka kemungkinan berikutnya adalah tekanan freon berkurang di bawah standar. Lakukan pengecekan tekanan dengan manifold. Dan perbaiki terlebih dahulu kebocoran freon agar tidak terjadi lagi freon ac bocor. Hal ini sudah banyak kami ulas pada topik kebocoran freon ac.

Kompresor ac bermasalah
Permasalahan kompresor ini khususnya pada komponen komponen elektronik kompresor yang meliputi kapasitor running, Overload maupun kabel kabel penghubung yang mungkin terputus.

Hal ini secara khusus dibahas pada kerusakan komponen komponen kompresor.

Kerusakan mikroprosesor
Walaupun hal ini jarang terjadi namun tetap ada kemungkinan adanya kerusakan pada mikroprosesor akibat terjadinya korsleting listrik yang sering terjadi ataupun karena fluktuasi tegangan listrik PLN yang tidak stabil di tegangan 220 volt.

Lampu indikator ac atau lampu timer ac yang berkedip kedip menunjukkan adanya indikator kerusakan ac. Lampu timer ac berkedip bervariasi dalam setiap ac. Ada yang saat dinyalakan langsung berkedip dan ada yang setelah beberapa menit ac dinyalakan dan kemidian lampu timer berkedip kedip.

Jika lampu indikator berkedip setelah beberapa saat ac dinyalakan maka kemungkinan freon ac bocor atau komponen elektronik pada kompresor ada yang rusak. Jika terjadi demikian maka jangan dipaksakan ac untuk dinyalakan kembali. Segera panggil teknisi ac yang berpengalaman. Kejadian seoerti ini sering terjadi pada AC merek Panasonic

Home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar