Kode Error kulkas Samsung Inverter

Inilah saat yang paling saya nantikan ... mempublikasikan cara memahami atau arti led kedip-kedip kode error kulkas Samsung inverter tanpa layar lcd, yang selalu tertunda namun kini. 

Secara kebetulan ada teman yang bertanya soal kulkas inverter samsung yang baru dibelinya yang belum genap 1 minggu tapi sudah tidak dingin, teman sudah periksa bagian main pcb nya di bagian belakang kulkas dan disitu dilihatnya ada led yang berkedip-kedip (blinking) yang terdapat pada modul inverter dan modul utama. 
Silahkan  simak video nya yang saya upload di halaman ini dan saya link kesini silahkan tonton kemudian kalau mau dicatat pula kumpulan kode-kode kedipannya yang saya buat disini.

Kedipan led di main PCB dengan urutan Jumlah kedipan, deskripsi (artinya)

2 (dua) kedip.
  • Koneksi antara sensor (thermist) defros yang terletak didalam freezer dengan main PCB terputus, hal ini bisa saja soket terlepas/kurang kuat atau malah konsleting,
  • Sensor membaca kondisi yang abnormal seperti panas diatas 65 derajat atau minus ( -50 )derajat.
  • Sensor mungkin rusak.

3 (tiga) kedip.

  • Koneksi antara sensor eksternal (dekat PCB) terputus, soket terlepas, kurang kuat atau malah konsleting,
  • Sensor mungkin membaca kondisi yang abnormal seperti panas diatas 65 derajat celsius.
5 (lima) kali kedip.
  • Freezer defrost error, defrost heater rusak, koneksi (jalur/kabel) putus, soket lepas, hubungan pendek, termist rusak.
  • Tidak selesai atau terlalu singkat mencairkan es di evaporator atau proses defrost terlalu lama (lebih dari 2 jam).
6 (enam) kali kedip.
  • Sensor kulkas (refrigerator) dengan gangguan yang sama dengan bagian freezer.
9 (sembilan) kali kedipan.
  • Rotary error, rotary switch (termostat) dengan PBA (pcb) tidak terkoneksi dengan baik, jalur putus, soket lepas, konslet atau thermostat rusak.
11 (sebelas) kali kedip-kedip.
  • Motor fan freezer di kontrol oleh main pcb sehingga bila motor berputar tidak normal, rusak atau ada indikasi tidak ada koneksi maka led akan berkedip 11 kali.
Demikianlah 6 kode error yang saya tahu dan catat mengenai Kedip-kedip (error code) kulkas Samsung tanpa display yang berlaku untuk main pcb nya dan untuk sub pcb (pba inverter) akan saya share pada post selanjutnya (bagian 2)

4 komentar:

  1. Maaf ya mas boleh tanya kalau indikator y 1x bierkedip dan seperti mau setart tp gagal .dan kalau di riley ke kompresor d cabut lalu di hidupkan tetap sama lampu berkadip 1x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan, punya Sy kedip 1 begitu kipas dicabut lampu kompresor nyala dan dingin

      Hapus
  2. 2 kali kedup sama 10 kali kedip.apa yah kira kira?

    BalasHapus
  3. bang mau tanya, kalau kedip pcb sisa kiri kedip 1 kali, dan sisi kanan kedip juga satu kali, ini pernasalahnnya di mana
    mohon arahannya bang

    BalasHapus

Kunjungi link berikut ini