cara kerja timer Kulkas No Prost

Cara kerja timer pada kulkas 2 pintu yaitu pada saat pertama kali kulkas di colokan ke listrik, timer akan mengatur aliran listrik ke mesin kompresor supaya bekerja untuk mendingan ruangan dalam kulkas, apabila sebelum kulkas di colokan timer tidak di putar 2 kali yaitu ke posisi stundby.
Namun, jika timer pada posisi stunby sebelum kulkas di colokann, mungkin harus menunggu beberapa saat baru mesin bisa nyala atau bekerja. Dan setelah ruangan kulkas dirasa dingin, maka timer akan memutus arus listrik dari kompresor, dan kemudian timer berganti menyambungkan arus listrik pada fius defrost 

Untuk mencairkan bunga es di evaporator.
Jenis time kulkas 2 pintu biasanya ada 2 jenis, yaitu biasanya sering kita kenal dengan Timer 1-3 atau Timer 1-4. Yang membedakan 2 timer tersebut pada aliran listrik utama atau power suplay. Kalau Timer 1-3 itu arus listriknya pada no 1 dan 3, dan kalau pada timer 1-4 itu arus listriknya pada no 1 dan 4.

Kesimpulan :
Jadi semua alat yang berada di dalam kulkas 2 pintu di kendalikan oleh timer supaya bisa bekerja dengan sempurna dan tentunya supaya kulkas tetap dingin. Peran timer disini sangat penting, karena apabila timer ini tidak berfungsi atau rusak, maka mesin akan terus nyala dan fuse defrost tidak bekerja, sehingga evaporator akan mengalami pembekuan es atau sering disebut ngeblok es. Begitu juga sebaliknya, apabila mesin tidak nyala tentu kulkas tidak bisa dingin juga.

Oke. .kurang lebih seperti itu untuk pengertian dan fungsi timer kulkas 2 pintu. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita dalam dunia pendingin.
Silahkan berkomentar dengan sopan apabila ada yang belum jelas, maka Admin akan menjawab semua komentar Anda satu persatu sebisa mungkin. Sekian artikel dari kami dan terima kasih
PERBEDAAN TIMER DEFROST KULKAS 1-3 DAN TIMER DEFROST KULKAS 1-4
Disebut timer 1-3 karena letak pin arus listrik ke motor timer terletak di pin soket nomer 1 dan 3, sedangkan untuk timer defrost 1-4 terletak pada pin soket nomor 1 dan 4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi link berikut ini